Menu

Peringati SO 1 Maret 1949, IKPNI DIY Aktif Ajak Masyarakat Teladani Nilai Kepahlawanan

Peringati SO 1 Maret 1949, IKPNI DIY Aktif Ajak Masyarakat Teladani Nilai Kepahlawanan

 

KRjogja.com – YOGYA – SO 1 Maret 1949 adalah tonggak penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Peristiwa yang ditandai penguasaan ibukota negara Yoyakarta secara penuh selama 6 jam oleh tantara Indonesia didukung laskar-laskar dan berbagai komponen rakyat ini telah membalikkan opini dunia tentang keberadaan NKRI yang semula didalilkan oleh Belanda sudah tidak ada menjadi terbukti masih ada dan kuat.

Amerika Serikat dan beberapa negara penting, termasuk Australia bahkan berbalik mendukung Indonesia. Hal ini makin menguatkan posisi perwujudan kedaulatan sepenuhnya bagi Indonesia, yang belum lama berdiri sebagai sebuah negara.Peristiwa ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara dengan Kepres Nomor 2 Tahun 2022.

Memaknai hari besar ini, Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPNI) korwil Yogyakarta mengambil peran aktif untuk terus menumbuhkembangkan jiwa kepahlawanan SO 1 Maret di dada setiap anggota masyarakat.

Sumber Berita : https://www.krjogja.com/yogyakarta/1244402168/peringati-so-1-maret-1949-ikpni-diy-aktif-ajak-masyarakat-teladani-nilai-kepahlawanan

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by