Menu

Tentang IKPNI

Perjuangan Pahlawan Nasional dalam memperjuangkan, menegakkan, membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan nilai kejuangan, keperintisan dan kepahlawanan yang diharapkan dapat dijadikan inspirasi dan teladan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam mencapai masyarakat adil, makmur dan Sentosa. Dilandasi hal tersebut, maka pada Hari Pahlawan 10 November 1974, para istri pahlawan nasional diantaranya; Ibu Martadinata, Ibu Djuanda, Ibu Sjahrir, Ibu Wahid Hasyim dan Sekjen Departemen Sosial (saat itu) Ibu Rusiah Sardjono SH. mendirikan Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI) yang dikukuhkan oleh Menteri Sosial, H.M.S Mintaredja, SH. IKPI merupakan wadah untuk menghimpun para anggota keluarga pahlawan nasional serta melestarikan nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan dalam masyarakat. Pada 21 November 1989, IKPI kemudian berubah menjadi Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI) sesuai dengan perkembangan sosial kemasyarakatan.

Pada 2002, kepengurusan dilimpahkan kepada putra-putri pahlawan untuk terus dapat menjaga kelangsungan komunikasi antar keluarga dan terus membangun kebersamaan dalam menjaga kelangsungan kehidupan para keluarga pahlawan. Disamping itu juga selalu memberikan perhatian terhadap perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tidak menyimpang dari cita-cita pendirian negara seperti yang termaktub pada Mukaddimah UUD 1945, bangsa dan masyarakat yang adil, makmur dan bermartabat.

VISI

Terwujudnya bangsa dan negara yang mandiri, berkepribadian, bermanfaat dan berdaulat sesuai cita-cita para pendiri bangsa dan negara.

MISI

Membangkitkan kembali jiwa kepahlawanan seluruh rakyat dan pimpinan nasional sebagai landasan untuk menentukan kebijakan dan langkah-langkah dalam pembangunan bangsa dan negara yang berorientasi kepada kepentingan rakyat.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
1 Desember 1956

Mohammad Hatta mengundurkan diri sebagai Wapres RI

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia Mohammad Hatta resmi mengundurkan diri dari kursi wakil presiden setelah surat pengunduran dirinya diterima oleh DPR kala itu. Sebelumnya pada 20 Juli 1956 Hatta telah mengirim surat pengunduran diri namun ditolak secara halus oleh DPR....

Selengkapnya...
Mohammad Hatta mengundurkan diri sebagai Wapres RI ( 1 Desember 1956 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by