Menu

Yang Tidak Diketahui dari Jenderal Soedirman: Selalu Menjaga Wudhu

Yang Tidak Diketahui dari Jenderal Soedirman: Selalu Menjaga Wudhu

KORANMANDALA.COM – Publik kebanyakan mungkin hanya tahu bahwa Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman, hanya hebat dalam memimpin perang gerilya. Nyatanya, Jenderal Soedirman punya kehebatan lain yang membuatnya dikagumi dan jadi panutan. Apa? Jenderal Soedirman taat beribadah, dan selalu menjaga wudhu. Soal Jenderal Soedirman taat beribadah tersebut, ternyata tercatat dalam sejarah.

Dikutip dari @heru_photography, Jenderal Soedirman itu memiliki tiga kehebatan ketika memimpin perang gerilya. Itu bukan kehebatan dalam memimpin perang tetapi dalam hal lain. Kehebatan pertama, Jenderal Soedirman selalu menjaga kesucian sehari-hari dengan berwudhu.

Kedua, ketika wudhunya batal, ia akan segera berwudhu kembali, sekalipun belum masuk waktu solat. “Bahkan, jika tidak dalam masuknya waktu shalat pun, ia tetap akan berwudhu,” tulis akun tersebut.

Ketiga, ketika mendengar suara adzan, ia langsung melaksanakan sola dalam keadaan apapun. “Soedirman selalu menjaga wudhunya. Saat mendengar suara adzan, ia pun langsung melaksanakan shalat dalam keadaan apa pun,” tulisnya.

Banyak yang berkomentar atas unggahan tersebut. Beberapa komentar menyebutkan bahwa Jenderal Soedirman adalah berjuang secara fisik. Hebatnya, anak cucu keturunannya tidak satupun mengaku paling NKRI dan merasa memiliki negeri ini.

Berikut ini beberapa komentar tersebut.
“Beliau berjuang secara pisik,bergerilya dari satu tempat ke tempat yg lain dengan kondisi sakit yg memprihatinkan demi kemerdekaan Indonesia.
Setelah Indonesia merdeka dan menjadi negara yg seperti kita rasakan saat ini, tidak satupun anak cucu keturunannya mengaku paling NKRI dan merasa memiliki negeri ini.

Sungguh beliau pahlawan sejati..Al Fatihah untuk beliau…,” tulis @faithsuwarto.

“Jujur inilah pahlawan sejati yg berjuang DEMI RAKYAT dari pada bung karno haus kekuasaan ingin jadi president seumur hidup,” tulis @eka_priyatma. (ape)

 

Sumber Berita : https://www.koranmandala.com/news/39269/yang-tidak-diketahui-dari-jenderal-soedirman-selalu-menjaga-wudhu

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by