Menu

Sosok Inspirasi: TB Simatupang

[  Oleh: Marsinta Hatigoran Simatupang  ]

Apa yang Anda tahu tentang kehidupan Pahlawan Nasional tersebut?

Seorang tokoh militer dan pencetus Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Dipensiunkan dari dinas aktif militer (Tanpa mengajukan surat atau lisan untuk pengunduran diri kedinasan).

Apa ciri khas Pahlawan Nasional tersebut?

Seorang tokoh militer intelektual. Memiliki kepribadian yang tangguh yang senantiasa setia pada Pancasila/UUD 1945.

Apakah pendapat Pahlawan Nasional tentang Penjajahan?

Bangsa yang bermartabat wajib menjalankan hidup bebas dan penuh norma dengan tujuan meraih prestasi yang merelakan jiwa raga bahkan dituntut untuk berbuat, mempertahankan diri, melakukan perlawanan dengan segala upaya merampas kembali menjadikan milik untuk pribadinya dan milik bersama. Penjajah: Suatu sistim dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih berhubungan dengan negara asal.

Apa yang menjadi cita-citaa atau harapan Pahlawan Nasional terhadap Indonesia?

Suatu harapan penuh, agar (sifat memaksa), bersama rakyat Indonesia berjuang mewujudkan Indonesia merdeka dan menjadi bangsa mandiri serta menggali segala sumber yang ada yang bertujuan kemakmuran dan keadilan. Serta mengisi kemerdekaan dengan berbagai karya yang menghidupkan berbagai bidang sosial, ekonomi, politik dan penegakan hukum.

Apakah motto Pahlawan Nasional?

Suatu kata semboyan atau pedoman yang menyampaikan motifasi, semangat dan tujuan dari suatu organisasi.
Kata mutiara Pahlawan Nasional: “Saya adalah orang yang berhutang”.

Nilai-nilai apa saja yang menjadi acuan Pahlawan Nasional?

Rela berkorban;
Pantang menyerah;
Pemberani;
Kecermatan melihat, memahami dan bijaksana;
Membela kebenaran;
Berkeyakinan;
Cerdas.

Apakah yang pernah dilakukan Pahlawan Nasional dengan nilai-nilai tersebut?

Mengusir para penjajah dengan segala cara seperti angkat senjata dan diplomasi. Yang memerdekakan serta adanya pengakuan oleh dunia bahwa Indonesia suatu bangsa dan negara yang merdeka. Mengisi kemerdekaan Indonesia dalam pembangunan serta berkarya diberbagai bidang lainnya.

Apa ada nilai-nilai yang ada dan anggota keluarga lain yang menjalankan nilai tersebut? Nilai yang mana?

Kejujuran, rela berkorban, bijaksana, pantang menyerah, membela kebenaran.

Apa yang menjadi hasil karya Pahlawan Nasional?

Wujud dari sebuah perjuangan, semangat dan pengorbanan yang tak ternilai yang menghantarkan, mewujudkan Indonesia merdeka berdaulat dengan pengakuan oleh negara-negara dunia. Negara Indonesia salah satu negara perserta PBB untuk perdamaian dunia.

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan kehormatan, disebutkan bahwa salah satu kewajiban para ahli waris adalah melestarikan nilai-nilai Kepahlawanan Nasional, bagaimana Anda melaksanakan itu dan apa kendala yang Anda hadapi?

Dengan menjalankan semua nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen.
Kendalanya; Banyak orang yang menentang dan tidak menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Mereka menganggap teori yang tidak dapat dijalankan, seperti kita lihat masa kini bahwa Bangsa dan Negara kita ini jauh dari harapan dan impian bahkan adanya kemerosotan.

Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Kepahlawanan oleh Bangsa dan Negara saat ini?

Negara memaksimalkan dan memperhatikan nilai-nilai pada Pahlawan (para pejuang) Kemerdekaan namun perlu peningkatan yang menjadi beban bersama yang berkomitmen kuat dalam menggalang Persatuan dan Kesatuan yang patut diwariskan pada generasi muda dalam upaya mempertahankan NKRI.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
1 Desember 1956

Mohammad Hatta mengundurkan diri sebagai Wapres RI

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia Mohammad Hatta resmi mengundurkan diri dari kursi wakil presiden setelah surat pengunduran dirinya diterima oleh DPR kala itu. Sebelumnya pada 20 Juli 1956 Hatta telah mengirim surat pengunduran diri namun ditolak secara halus oleh DPR....

Selengkapnya...
Mohammad Hatta mengundurkan diri sebagai Wapres RI ( 1 Desember 1956 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by