Menu

Perang Jawa Inggris – Belanda

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya serangan Inggris, Gubernur-Jendral Hindia Belanda, Herman Willem Daendels memperkuat pulau Jawa. Ketakutan itu terbukti, pada 1810, sebuah ekspedisi Perusahaan Hindia TImur Britania yang kuat di bawah Gilbert Elliot, Gubernur-Jendral India merebut Pulau Reunion dan Mauiritius milik Perancis di Samudera Hindia dan Pulau Ambon serta Maluku milik Hindia Belanda. Setelah merebut pulau-pulau tersebut, pasukannya menuju Jawa dan kemudian merebut Batavia pada Agustus 1811, dan memaksa Belanda untuk menyerah di Semarang pada 17 September 1811. Hasilnya, Jawa, Palembang, Makassar, dan Timor menjadi milik Inggris.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
5 Desember 1958

Program Nuklir Indonesia: Lembaga Tenaga Atom berdiri

Meningkatnya aktivitas pengembangan dan pemanfaatan teknologi nuklir di Indonesia yang diawali dari pembentukan Panitian Negara untuk Penyelidikan Radioaktivet pada 1954 yang bertugas untuk menyelidiki kemungkinan adanya jatuhan radioaktif dan percobaan senjata nuklir di Pasifik. Melalui pertimbangan dari adanya perkembangan pendayagunaan...

Selengkapnya...
Program Nuklir Indonesia: Lembaga Tenaga Atom berdiri ( 5 Desember 1958 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by