Menu

Bung Hatta Wafat

Bung Hatta merupakan pejuang, proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus Wakil Presiden Pertama dan terlama (1945-1956). Beliau juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Lahir dengan nama Mohammad Athar pada 12 Agustus 1902 di Fort de Kock, Hindia Belanda (sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat). Dr.(HC) Drs. H. Mohammad Hatta menghembuskan nafas terakhirnya pada 14 Maret 1980 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, disemayamkan keesokan harinya (15/3/1980) di kediamannya Jalan Diponegoro 57, Jakarta dan dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta disambut dengan upacara kenegaraan yang dipimpin secara langsung oleh Wakil Presiden pada saat itu, Adam Malik.

Setelah wafat, Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Proklamator kepada Bung Hatta pada 23 Oktober 1986 bersama dengan mendiang Bung Karno melalui Keppres nomor 081/TK/1986. Sebagai salah satu penghormatan atas jasa-jasa beliau, namanya disematkan pada Bandar udara internasional Tangerang Banten, Bandar Udara Soekarno-Hatta. Tak hanya di Indonesia, nama beliau pun diabadikan menjadi nama jalan di kawasan Zuiderpolder, Haarlem Belanda dengan nama Mohammed Hattastraat.

Sumber : Wikipedia, tirto.id, republika.co.id

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
20 Oktober 2004

Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono beserta wakilnya Jusuf Kalla resmi dilantik sebagai presiden ke enam Republik Indonesia untuk periode pertama setelah menang dalam Pemilu 2004 mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri dan Hasyim Muzadi.

Selengkapnya...
Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia ( 20 Oktober 2004 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by