Menu

Patung Pahlawan Sultan Ageng di Serang Banten Dibongkar

Bekas-bekas pembongkaran ditemukan di sungai!
Publik Serang Banten dihebohkan dengan penemuan patung Pahlawan Nasional Sultan Ageng Tirtayasa, yang lebih mengagetkan lagi, potongan patung ini ditemukan dalam keadaan terendam lumpur di Sungai Kalimangan di Jl. Priyayi, Kota Serang.

Usut punya usut, patung ini ternyata bukanlah patung purbakala, tapi patung yang dulunya sempat dibuat oleh pemerintah kota Serang, namun dirobohkan pada 2003 karena desakan anggota Dewan dengan alasan bisa menyebabkan syirik.


Alasan tak masuk akal itu kemudian dibantah para seniman, menurut salah seorang seniman Banten Tubagus Ahmad Fauzi, patung yang awal mula berada di simpang Kebon Jahe, Kota Serang itu terpaksa dibongkar karena desakan Dewan menjelang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemda Kabupaten Serang.

Para seniman waktu itu pun menantang dan jika harus dibongkar, semua patung di Banten harus dibongkar. Dari patung Debus di kawasan Kemang, patung Perjuangan Rakyat Banten di Kota Serang, sampai patung macan putih di Polwil Serang.


“Para Dewan nggak bisa argumentasi. Sedangkan Dewan dari partai yang non-agama alasannya bahwa itu menyebabkan kemacetan,” ujarnya.

Seingatnya, petung yang telah dibongkar itu ada yang menyebut disimpan Pemkab Serang, namun pada tahun 2015 patung itu ditemukan Dinas Pekerjaan Umum, beberapa waktu kemudian patung itu dibawa ke Kecamatan Tirtayasa. Patung tersebut sempat dititipkan di kantor Kecamatan Pontang.

Patung  Pahlawan Nasional Sultan Ageng Tirtayasa itu kemudian ditemukan oleh seorang warga di sungai, awalnya patung tersebut penuh lumpur, namun banyak warga yang mencoba membersihkannya seraya menjadikan obyek untuk foto.

Hingga kini tercatat dua patung yang telah dirobohkan, yakni patung pahlawan Sultan Ageng Tirtasayasa di Simpang Kebun Jahe dan patung Keluarga Berencana (KB) di depan exit tol Serang Timur.

https://news.detik.com/berita/d-4296025/patung-pahlawan-sultan-ageng-dibongkar-dan-dibuang-karena-syirik

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by