Menu

Lukisan Kawan-Kawan Revolusi

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional”. Bung Karno berpose di depan “Kawan-Kawan Revolusi” karya S. Sudjojono. Dicicil Bung Karno selama dua tahun, lukisan ini adalah satu-satunya lukisan dokumentasi revolusi yang selamat dari sergapan Belanda pada 1948. Juga sampul DBBR jilid II dihiasi oleh lukisan legendaris ini. (Foto via Henri Cartier-Bresson)

Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Bung Karno menetapkan tanggal berdirinya Budi Utomo sebagai Hari Kebangunan (=Kebangkitan) Nasional pada Mei 1948. Tindakan ini diambil mengingat stabilitas nasional Republik Indonesia waktu itu dalam bahaya: rongrongan datang dari tiap penjuru dan krisis politik terus memanas. Tanggal ketika dr. Soetomo dan lain-lain pemuda STOVIA mendirikan Budi Utomo dianggap mewakili kepentingan nasional dan merepresentasikan semangat juang yang berusaha dihadirkan untuk menjaga persatuan demi mempertahankan kemerdekaan—meskipun, kita tahu, beberapa organisasi pergerakan sebenarnya telah didirikan lebih awal dan BU pada kenyataannya masih serba-kekurangan.

Dapatkah semangat itu dihadirkan kembali dalam masyarakat kita hari ini? Mudah-mudahan. Dan semoga di Hari Kebangkitan Nasional kali ini kita dapat sedikit demi sedikit mengesampingkan perbedaan dan mulai saling mendukung dan menguatkan—setidak-tidaknya, menghindarkan diri dari kebiasan membakar-bakar sentimen yang kurang perlu demi keutuhan nasional. #Jasmerah #harikebangkitannasional

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by