Menu

Gedung Tua “MEISJESSCHOOL”

Jenis : Gedung Bersejarah

Periode / Tahun : 1881

Keletakan :

– Jalan : Jl. Raya Tomohon-Tondano

– Dusun / Kampung : Kelurahan Matani Satu

– Kecamatan : Tomohon Tengah

– Kota : Kota Tomohon

– Provinsi : Sulawesi Utara

– Astronomis : 01 0 19….’LU ; 124 0 50….’BT ;

Sejarah

“Sekolah Nona” Meisjesschool disponsori pembukaannya oleh Misionaris Belanda bernama Pendeta Louwerier pada tanggal 1 November 1881 di Kuranga (sekarang Kelurahan Talete Dua Kecamatan Tomohon Tengah). Kemudian dipindahkan ke Kaaten (sekarang Kelurahan Matani Satu Kecamatan Tomohon Tengah). Bahasa pengantar di Sekolah ini adalah bahasa Belanda dengan murid-murid terdiri dari anak gadis Tokoh Masyarakat (orang kaya). Jumlah murid 33 orang dengan Kepala Sekolah Gijsberta C. Krook.

Deskripsi

Gedung Sekolah Nona (Meisjesschool) dibangun tahun 1881 di Kaaten Tomohon. Bangunan ini terdiri dari dinding bambu dilapisi semen dengan tiang-tiang kayu dengan ketinggian 1 meter diatas tanah dengan tiag penyangga dari batu. Lantainya sebagian masih asli dari papan tebal dan sebagian sudah dibuat dari tembok dengan ubin. Dibagian timur gedung terdapat pintu utama dan diatas pintu bertuliskan “Meisjesschool”, sampai sekarang gedung ini digunakan sebagai gedung Sekolah Dasar GMIM III Tomohon.

Status Kepemilikan : Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM)

Pengelola : Yayasan GMIM A.Z.R. Wenas

Batas-batas :

– Utara : Gedung Sekolah STM Kristen Tomohon

– Timur : Gedung Sekolah STM Kristen Tomohon

– Selatan : Jalan Raya Tomohon-Tondano

– Barat : Gedung Tua milik penduduk

Sumber: http://www.tomohon.info/travel/gedung-tua-meisjesschool/

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
20 Oktober 2004

Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono beserta wakilnya Jusuf Kalla resmi dilantik sebagai presiden ke enam Republik Indonesia untuk periode pertama setelah menang dalam Pemilu 2004 mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri dan Hasyim Muzadi.

Selengkapnya...
Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia ( 20 Oktober 2004 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by