Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Pajonga Daeng Ngalle Karaeng Plobangkeng, H

Berdasarkan: Keppres No. 085/TK/TH. 2006, 3 November 2006

Pada bulan Oktober 1945 bersama bangsawan lain seperti: Andi Mappanyuki dari Bone, Andi Djemma dari Lawu, Andi Bau Massape (Sup Pare-pare), Andi Pangeran Pettarani mengikuti raja-raja se-Sulawesi Selatan di Yogya, konferensi merumuskan satu resolusi mendukung pemerintah RI di Sulawesi sebagai satu-satunya pemerintah yang sah di bawah Gubernur Ratulangi. Raja Pajonga Daeng Ngalie mengumumkan Polombangkeng sebagai wilayah de facto Republik Indonesia, hal ini menunjukkan dia sebagai seorang nasionalis.

Menghadapi pemerintah Belanda yang ingin mengembalikan pemerintah jajahannya Karaeng Pajonga menjadikan Polombangkeng sebagai pusat gerakan menggantikan posisi Makassar yang pada saat itu sudah tidak aman. Polombangkeng menjadi pusat bersatunya para tokoh pemuda perjuangan dari Makassar, Takalar, Gowa, dan Bantaeng. Untuk mempertahankan proklamasi, Pajonga Daeng Ngaie membentuk Laskar Gerakan Muda Bajoang sebagai wadah perjuangan bersenjata yang diketuai sendiri. Hal ini menunjukkan Karaeng Pajonga memiliki karakter pejuang yang tidak mau kompromi dengan penjajah Belanda.

Pada Juli 1946, ketika van Mook melakukan Konferensi Maleno untuk membentuk negara boneka Indonesia Timur (NIT), maka laskar lipan bajeng Pajonga Daeng Ngaie melaksanakan konferensi antar laskar se-Sulawesi Selatan guna menyatukan visi strategis dan kekuatan perjuangan yang hadir 19 laskar membentuk LAPRIS (Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi) dengan panglima Ranggong Daeng Romo dan Sekretaris Jenderal Robert Wolter Monginsidi.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by