Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, TGKH

Berdasarkan: Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017

Muhammad Zainuddin Abdul Madjid memiliki segudang jasa bagi tumbuhnya nasionalisme dan agama di Nusa Tenggara Barat. Di antaranya memodernisasi lembaga pendidikan Islam di era penjajahan, memelopori penyerangan markas NICA, hingga menyebarkan propaganda anti-Belanda. Di luar itu, Zainuddin juga dikenal sebagai santri jenius. Julukan yang timbul setelah menyelesaikan studi di Madrasah al-Shaulatiyah, Mekkah, Arab Saudi pada 1933 dengan predikat istimewa. Di sana, Zainuddin menyelesaikan studinya selama 6 tahun saja di mana normalnya mencapai 9 tahun.

Ijazah Zainuddin ditulis tangan secara langsung oleh ahli khath terkenal di Mekkah, yakni al-Khaththath Syaikh Dawud ar-Rumani dengan gelar Al-Akh Al-Fadhil Al-Kamil Al-Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Alanfanny yang artinya Saudara yang mulia, sang jenius sempurna, guru terhormat Zainuddin Abdul Madjid. Dengan nilai pada ijazah 10 dalam semua mata pelajaran, Zainuddin disebut Sibawaihi Zamaanihi atau yang tak tertandingi. Pasca menyelesaikan studinya itu, Zainuddin sempat tinggal dibantahnya di Mekkah dan selanjutnya kembali ke Lombok untuk siar Islam dan mengembangkan pendidikan modern di Lombok.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by