Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Zainul Arifin, K.H

Berdasarkan: Keppres No. 35 Tahun 1963, 28 Maret 1963

Zainul Arifn sudah merantau ke Jkaarta dan bekerja di Kotapraja, selama 15 tahun. Sejak usia belia masuk dan dibesarkan Nahdatul Ulama (NU) kemudian mengembangkan NU Cabang Jakarta bersama Jamaludin Malik. Masa pendudukan Jepang mendji Kabg Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi). Jepang mengizinkan Masyumi membentuk pasukan Hizbullah, yang bersifat militer, Zainul Arifin dipilih sebagai pimpinannya. Rencana jepang untuk melibatkan Masyumi dalam gerakan romusha dapat digagalkan. Setelah proklamasi kemerdekaan dan dalam mempertahankannya, Zainul Arifin tetap memegang pimpinan Hizbullah. Disamping itu duduk sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) kemudian dipilih sebagai Badan Pekerja (BP) KNIP. Pada saat terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Zainul Arifin diangkat menajdi Sekretaris Pimpinan TNI. Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melancarkan agresi kedua. Ibukota RI Yogyakarta diduduki, pemimpin RI ditangkap dan diasingkan. Saat itu pemerintah RI pusatmemberikan kuasa kepada Syafrudin Prawiranegara SH yang sedang berada di Sumatera untuk memimpin Pemerintah Darurat RI (PDRI). Di Jawa dibentuk komisaris PDRI yang bergerak secara gerilya. Zainul Arifin ikut aktif bergerilya di berbagai daerah. Setelah pengakuan kedaulatan RI (1950) Zainul Arifin ditunjuk presiden untuk duduk dalam DPRS sampai Juli 1953. Kemudian dalam kabinet parlementer (30 Juli 1953) ditumjuk menjadi Wakil Perdana Menteri II (Agustus 1955). Setelah tidak bertugas di kabinet duduk kembali sebagai anggota DPR dan selanjutnya dipilih sebagai Wakil Ketua DPR sampai Juli 1959. Pada waktu Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Zainul Arifin disumpah sebagai anggota DPR berdasarkan UUD 1945, selanjutnya dibentuk DPRGR Zainul Arifin ditunjuk menjdi Ketua DPRGR dari tahun 1960-1963.

NIlai Kepribadian Luhur yang Dimiliki

Seorang ulama yang sangat bersahaja dan autodidak sejati, tak berpendidikan militer, tapi diangkat sebagai komandan pasukan Hizbullah yang bersifat militer, diplomat yang taat beribadah, berbakti pada orang tua, demokratis, toleransi dan siap dikritik.

Galeri

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by