Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Laksamana Malahayati

1550 — 1615
Berdasarkan: Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017

Malahayati merupakan perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Berbagai literatur mengatakan bahwa dia merupakan laksamana laut perempuan pertama di dunia. Keberaniannya melawan belanda dan Portugis pada abad ke-16 tidak bisa dilepaskan dari keluarganya yang merupakan bangsawan Aceh. Kakeknya, Laksamana Muhammad Siad Syah merupakan putra Sultan Salahuddin Syah yang memerintah Kesultanan Aceh pada 1530-1539. Sementara itu ayahnya, Mahmud Syah juga merupakan laksamana angkatan laut. Hal-hal tersebut diwariskan kepada Malahayati dalam hal semangat juang dan kecintaan terhadap angkatan laut.

Malahayati juga sempat mengenyam pendidikan militar di Akademi Militer Mahad Baitul Maqdis dimana dia juga menjalin hubungan dengan perwira senior yang menjadi suaminya yang kelak gugur saat bertempur dengan Portugis. Peristiwa tersebut memicunya untuk membentuk pasukan bernama Inong Balee. Sebuah pasukan yang prajuritnya terdiri dari para janda yang suaminya gugur dalam peperangan.

Pasukan ini berhasil menghancurkan pasukan Cornelis de Houtman pada 1599. Tidak berhenti di situ, pasukan Portugis pun dihantamnya. Laksamana Malahayati akhirnya gugur di Perairan Selat Malaka pada tahun 1606 setelah bertempur melawan pasukan Portugis. Jasanya dianggap besar bagi perjuangan Aceh yang menjadi bagian dalam sejarah panjang bangsa Indonesia.


Malahayati, Laksamana Muslimah Pertama di Dunia

Keumalahayati, juga dikenal sebagai Malahayati, adalah laksamana wanita pertama di dunia. Cerita dan prestasinya lebih dari sekadar mengesankan, berani, terhormat, sukses dan mengagumkan. Dia adalah teladan dan inspirasi bagi semua orang.

Sebuah kebetulan yang luar biasa adalah cara Malahayati meninggal. Dia tewas dalam pertempuran melawan Portugis, seperti suaminya. Dewasa ini, banyak universitas, rumah sakit, jalan dan kota-kota di Sumatera yang menggunakan namanya.

Tidak ada keraguan bahwa Malahayati adalah nama besar untuk diingat. Dia adalah seorang pejuang dengan kemauan untuk mencapai apa pun.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by