Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Andi Sultan Daeng Radja

Berdasarkan: Keppres No. 085/TK/TH. 2006, 3 November 2006

Sejarah Perjuangan Haji Andi Sultan Daeng Radja menentang kehadiran Pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia umumnya, Sulawesi Selatan khususnya, telah lama dilakukannya sejak ia masih menjadi siswa pada opielding School Voor Indiandsche Ambtenar ( OSVIA) di Makassar.

Mengikuti kongres sumpah pemuda 28 Oktober 1928 tanpa seizing atasannya sehingga kegiatan ia tidak didapatkan catatan resmi dan otentik. Mengikuti dan masuk kedalam organisasi Kepanduan Bangsa Indonesia (K.B.I) di wilayah Sulawesi, semangatnya bertambah setelah ia menjadi karaeng gantaran dan terus aktif mengikuti perkembangan politik dunia internasional dan Indonesia dimasa itu.

Pada akhir Agustus 1945 mendirikan wadah dalam upaya menyamakan serta membela Negara PPNI ( Persatuan Pergerakan Nasional Indonesia ) dan pada bulan November 1945 dirubah menjadi Barisan Merah Putih.

Desember 1945 sampai dengan 8 Januri 1950 ditangkap dan diasingkan ke Menado. Sekembalinya Haji Andi Sultan Daeng Radja dari tempat pengasingan , ia diberikan tanggung jawab dan jabatan penting lainnya hingga ksempatan untuk beristirahat tidak diperolehnya dengan baik, selama non aktif tenaga dan pikirannya masih dibutuhkan oleh bangsa dan Negara. Pengabdiannya tidak hanya smpai tingkat regional (daerah) tapi sampai tingkat nasional.

Namanya telah diabdikan pada nama jalan di depan rumah ia dengan nama jalan Haji Andi Sultan Daeng Radja, oleh panitia pemberi nama jalan Pemda Tingkat II Kabupaten Bulukumbu.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by