Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Oerip Soemohardjo, Letjend. TNI.

Berdasarkan: Keppres No. 314 Tahun 1964, 10 Desember 1964

Putera R. Soemohardjo, Mantri Guru Besar di Purworejo dan cucu Bupati Trenggalek dari pihak bundanya ini sejak kecil bercita-cita menjadi militer. Karena itu setelah menyelesaikan tingkat 1 OSVIA (Sekolah Pamongpraja pada zaman Belanda) tidak melanjutkan ke tingkat II, tetapi langsung memasuki Sekolah Militer di Meester Cornelis (Jatinegara). Setelah lulus dari Sekolah Militer (1913) diangkat menjadi Letnan Dua. Sebagai militer Oerip menjalani tugas dinasnya berpindah-pindah tempat. Dari Banjarmasin kemudian ke Balikpapan, Cimahi, Magelang, Ambarawa dan Purworejo.

Sebagai perwira, Oerip dinilai berhasil, pangkat militernya menanjak dengan cepat, satu-satunya orang Indonesia yang mencapai pangkat Mayor dalam KNIL (Tentara Hindia Belanda). Perhatiannya terhadap bangsa sendiri tetap besar, karena itu Oerip sering melakukan protes pada perlakuan diskriminasi. Setelah merdeka Oerip menjadi Kepala Staf Umum TKR dengan pangkat Letnan Jenderal. Buah pikirannya khususnya tentang kemiliteran banyak dipakai oleh pemerintah.

Sebagai seorang militer Oerip bersemboyan ORDER, COUNTER, ORDER, DISORDER yang artinya dalam kemiliteran Komandan harus memperhitungkan perintah secara cermat dan semasak-masaknya, apabila perintah tersebut diubah dapat menyebabkan kekacauan. Untuk melahirkan militer yang professional, Oerip memprakarsai pembentukan Militer Akademi yang sekarang menjadi AMN (Akademi Militer Nasional).

Pada bulan Januari 1948 Oerip mengundurkan diri dari jabatan Angkatan Perang dan diangkat menjadi Penasehat Militer Presiden, saat itu Oerip mulai sakit-sakitan. Istri Oerip Soemohardjo ialah Ibu Rachmah Subroto.

Nilai Kepribadian Luhur yang Dimiliki

Satu-satunya orang Indonesia yang berpangkat Mayor dalam KNIL, merupakan prestasi istimewa yang sulit dicapai. Pemrakarsa pendirian  Akademi Militer Nasional.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by