Menu

Hari Bhakti Postel

Hari Bhakti Postel ditandai dengan perebutan Jawatan PTT (Pos, Telegraf, dan Telepon) oleh Angkatan Muda PTT dari tangan militer Jepang yang telah menguasai PTT sejak zaman pendudukan mereka di Indonesia.

Upaya perebutan itu telah sejak 3 September 1945 ketika penggeraknya, Soetoko melakukan pertemuan yang dihadiri oleh Soetoko, Slamet Soemari, Joesoef, Agoes Salmann, Nawawi Alif, dan beberapa pemuda lainnya. Untuk mengambil alih kekuasaan, dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa Kantor Pusat Jawatan PTT sudah harus dikuasai paling lambat pada akhir September 1945.

Jawatan PTT berhasil dikuasai setelah melalui berbagai perundingan dengan Jepang hingga siap angkat senjata untuk menguasai kantor Jawatan PTT. Setelah Jepang menyerahkan kekuasaan, Soetoko dan AM PTT memilih Mas Soeharto sebagai ketua dan R. Dijar sebagai wakil ketua.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by