Menu

Keluarga Pahlawan Minta Pemerintah Lindungi Rumah Bersejarah

Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia menyesalkan insiden dirobohkannya rumah bersejarah di Jalan Mawar 10-12, Surabaya, Jawa Timur, yang dikenal sebagai Rumah Radio Bung Tomo. Dari rumah itulah, pada 1945 silam, Bung Tomo mengobarkan semangat “Arek Suroboyo” melawan penjajah Belanda.

“Penghancuran bangunan bersejarah itu adalah bentuk penghapusan jejak sejarah dari revolusi Indonesia,” kata Witjaksono Muwardi, Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan, yang juga putra pahlawan nasional Dr Muwardi. Karena itu, para kerabat dan sanak saudara para pahlawan ini, kata Witjaksono, mendesak pemerintah segera mendata kembali semua bangunan bernilai sejarah perjuangan bangsa di seluruh wilayah Indonesia.

“Pemeliharaan atas bangunan bersejarah adalah lambang penghargaan bangsa terhadap perjuangan para pendahulu kita sehingga kita dapat merdeka,” kata Agustanzil Sjahroezah, Sekjen Ikatan Keluarga Pahlawan, cucu Pahlawan Nasional Haji Agus Salim. “Selain itu, pemeliharaan bangunan bersejarah juga penting untuk melestarikan nilai-nilai kepahlawanan bagi generasi muda,” kata Sjahroezah lagi.

Selain kedua tokoh tersebut, Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional beranggotakan semua ahli waris tokoh nasional yang memperoleh gelar pahlawan nasional sesuai dengan Pasal 34 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

“Surat protes ini sudah kami layangkan ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kamis, 26 Mei 2016,” kata Witjaksono. Dia berharap pemerintah dapat merespons permintaan mereka secepatnya.

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/774952/keluarga-pahlawan-minta-pemerintah-lindungi-rumah-bersejarah

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
20 Oktober 2004

Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono beserta wakilnya Jusuf Kalla resmi dilantik sebagai presiden ke enam Republik Indonesia untuk periode pertama setelah menang dalam Pemilu 2004 mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri dan Hasyim Muzadi.

Selengkapnya...
Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden ke-6 Indonesia ( 20 Oktober 2004 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by