Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Sultan Mahmud Riayat Syah

Berdasarkan: Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017

Sultan Muhammad Syah juga dikenal sebagai Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan raja ke delapan sekaligus raja terakhir Kesultanan Melaka. Dia terpilih menjadi raja menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I.

Serangan Portugis di tahun 1511 menaklukkan Melaka menjadi akhir pemerintahan Sultan Mahmud Riayat Syah atas Melaka. Setelah itu, dia memindahkan ibukotanya ke Bintan di mana tak lama setelah itu, Portugis kembali menyerang Bintan di mana dia akhirnya mengundurkan diri ke Kampar hingga meninggal di tahun 1528.

Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi pahlawan atas perjuangannya memimpin dan berjuang dengan mengangkat senjata dan berjuang secara politik untuk merebut, mempertahankan, mengisi kemerdekaan, dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, Sultan Mahmud Riayat Syah juga dianggap pantang menyerah pada musuh saat berjuang dan mengabdi sepanjang hidupnya hingga melebihi tugas yang diembannya. Dia juga melahirkan gagasan dann pemikiran besar yang dapt menunjang pembangunan bangsa dan negara yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat secara luas dan meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Konsistensinya dalam berjuang memberikan dampak secara luas bagi masyarakat.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by