Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Sri Sultan Hamengkubowono I

Berdasarkan: Keppres No. 005/TK/TH. 2006, 3 November 2006

Sri Sultan Hamengkubuwono I yang juga dikenal sebagai Pangeran Mangkubumi merupakan pelopor berdirinya Kesultanan Yogyakarta sekaligus raja pertama yang berkuasa dari tahun 1755-1792. Dalam perang yang disebut Perang Suksesi Jawa III, terjadi peperangan antara Pangeran Mangkubumi dan Pakubuwono II yang dibantu oleh VOC. Pangeran Mangkubumi dibantu oleh Raden Mas Said bersiasat untuk memberikan dampak kerugian besar bagi Belanda dalam peperangan. Hingga akhirnya dalam suatu pertempuran di Demak, pasukan Belanda yang dipimpin de Clerk berhasil dikalahkan.

Pada tahun 1749, Susuhunan Pakubuwono II menyerahkan Kerajaan Mataram pada Belanda dimana Putra Mahkota dinobatkan oleh Belanda sebagai Susuhunan Pakubuwono III. Hal ini ditentang oleh Pangeran Mangkubuni dan dia tidak mengakui penyerahan Mataram. Serangkaian kegagalan untuk mengajak Pangeran Mangkubumi berunding untuk menghentikan perang, diadakanlah perjanjian di Giyanti antara Pangeran Mangkubumi dengan Belanda serta Susuhunan Pakubuwono III pada tahun 1755.

Perjanjian Giyanti melahirkan kesepakatan dimana Mataram dipecah menjadi dua yakni Surakarta yang dipimpin oleh Susuhunan Pakubuwono III dan Yogyakarta dengan Pangeran Mangkubumi diakui sebagai Sri Sultan Hamengkubowono I

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by