Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Iwa Kusuma Sumantri, Prof., Mr., R.h

Berdasarkan: Keppres No. 073/TK/TH. 2002, 6 November 2002

Tahun 1922 mempelajari ilmu hukum di Universitas Leiden Belanda, bergabung dengan organisasi mahasiswa Indonesia Indische Vereeneging. Atas usulnya tahun 1923 nama itu diganti menjadi “Perhimpunan Indonesia”, Iwa sebagai Ketua dan lulus tahun 1925.

Kembali ke Indonesia, aktif dalam berbagai organisasi, antar lain PNI, tinggal di Medan sebagai pengacara, menikah dengan Kuraesin Argawinata. Iwa menerbitkan harian Matahari Indonesia. Tahun 1929 ditangkap, dipenjarakan di Medan, kemudian dipindahkan ke Glodok, ke penjara Struis Wiyck dan tahun 1930 dibuang ke Bandaneira selama 10 tahun 7 bulan.

Tahun 1941 dipindahkan ke Makassar dan mengajar di Taman Siswa. Tahun 1942 kembali ke Jakarta sebagai pengacara dan mengikuti perkembangan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 16 Agustus ikut dalam penyusunan teks proklamasi, mengusulkan judul teks yang tadinya Makloemat menjadi Proklamasi.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 ikut dalam rapat PPKI untuk merumuskan UUD RI. Kemudian menjadi Menteri Sosial dan Perburuhan lalu menjadi anggota DPR. Pada tahun 1953 menjadi Menteri Pertahanan, tahun 1955 mengundurkan diri dari kabinet Ali-Arifin. Tahun 1957 menjadi Rektor UNPAD dan anggota Dewan Nasional.

Tahun 1959 menjadi anggota DPA. Tahun 1961 menjadi Menteri PTIP. Setelah beberapa kali menjadi Menteri Negara. Namun baik sebagai anggota DPA maupun Menteri usulan dan nasihatnya tak pernah dihiraukan Bung Karno. Kemudian aktif dalam Badan Musyawarah Sunda. Tetap menjadi Guru Besar UNPAD dan menulis otobiografi serta menulis 10 buku yang Sembilan diantaranya diterbitkan; The Peasant’s Movement in Indonesia (1926 – terbit di Rusia dan di Jepang), Perjuangan dan Pemerintahan Nabi Muhammad SAW dan Chulafaur Rasyidin (belum pernah diterbitkan), Ilmu Hukum dan Keadilan (1950), Ke Arah Perumusan Konstitusi Baru (1957, 1968, 1999), Revolusionalisasi Hukum Indonesia (1958), Sejarah Revolusi Indonesia I (1960), Sejarah Revolusi Indonesia II (1962), Sejarah Revolusi Indonesia III (1965), Pengantar Ilmu Politik (1964) dan Pokok-Pokok Ilmu Politik dan Ringkasan Pemberontakan G30S/PKI (1965).

Nilai Kepribadian Luhur yang Dimiliki

Pengacara yang politikus, professional dalam bersikap dan berkarya, penulis yang kompeten dan Guru Besar yang konsisten.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by