Menu
PAHLAWAN NASIONAL

Ferdinand Lumban Tobing, Dr

Berdasarkan: Keppres No. 361 Tahun 1962, 17 November 1962

Kehidupan di asrama STOVIA (sekarang Gedung Kebangkitan Nasional), yang merupakan pusat pergerakan kebangsaan dipimpin Dr. Sutomo, membangkitkan semangat nasionalisme para mahasiswa. Dr. Tobing bercita-cita ingin mengabdikan diri pada bangsanya melalui profesi kedokteran, sehingga langsung dapat membantu rakyat miskin karena sakit akan menambah penderitaan rakyat.

Setelah lulus STOVIA tahun 1924, Dr. Tobing bekerja di Rumah Sakit Tenggarong, Kalimantan Timur. Kemudian melanjutkan pendidikan spesialisasi bedah di CBZ Surabaya. Setelah lulus baru ditempatkan di kampung halamannya sebagai Kepala Rumah Sakit Sibolga. Sebagai dokter sangat peduli pada kesehatan rakyat pedesaan dan nelayan.

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Dr. Tobing merasakan bagaimana sakit dan perihnya sebagai bangsa jajahan, diperlakukan secara kejam tanpa perikemanusiaan oleh Jepang. Karena itu Dr. Tobing bertekad agar bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa manapun.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, karena Jepang masih mempertahankan kekuasannya, Dr. Tobing menggalang kekuatan rakyat dan pemuda menuntut Jepang menyerahkan kekuasaan kepada bangsa Indonesia. Ketika diangkat sebagai Residen Tapanuli (1945 – 1949), Dr. Tobing segera bergerak menegakkan kemerdekaan di Tapanuli dengan membangkitkan semangat rakyat sebagai bangsa yang merdeka dan bersiap-siap menghadapi Belanda yang akan datang untuk menjajah Indonesia kembali.

Sebagai Residen di jaman revolusi, Dr. Tobing memimpin pemerintahan dan rakyat yang berevolusi dengan sabar dan bijaksana, namun dengan pendirian yang tegas dan berani menghadapi pergolakan yang terjadi di daerahnya sebagai akses dari revolusi. Dalam menghadapi Agresi Militer Belanda II (1948) yang hendak menghapuskan seluruh wilayah negara Republik Indonesia, Dr. Tobing telah menunjukkan sikap patriotiknya dengna selalu berpegang teguh pada semboyan “Sekali Merdeka tetap Merdeka”.

Nilai Kepribadian Luhur yang Dimiliki

Pengorbanannya yang ikhlas bagi wong cilik menunjukkan kemuliaan hatinya. Dr. Tobing siap berkorban untuk menghadapi segala tantangan, kesulitan dan penderitaan, guna mempertahankan kemerdekaan dan membantu rakyat kecil.

IKATAN KELUARGA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA

Meneguhkan Persatuan Bangsa yang Berdaulat, Adil, dan Makmur

WEB TERKAIT

Informasi

Hubungi Kami

Kementerian Sosial, Gedung C, Lantai Dasar
Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat
IKPNI.com merupakan situs resmi yang diakui oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia. Seluruh konten serta opini dalam situs ini berdasarkan fakta-fakta yang tersedia, namun tidak mewakili pendapat Inspira Mediatama. Konten dalam situs ini sebaiknya tidak dijadikan dasar oleh pembaca dalam mengambil keputusan komersial, hukum, finansial, atau lainnya. Pada artikel yang sifatnya umum, pembaca disarankan mencari pendapat dari profesional sebelum menanggapi dan mengoreksi konten informasi yang dipublikasi jika mungkin tidak sesuai dengan pandangan pembaca. Publisher tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang tayang, bagaimanapun disebabkan. Website ini dibuat untuk IKPNI dengan hak cipta. Kepemilikan merek dagang diakui. Dilarang menyalin, menyimpan, atau memindahkan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari publisher.
Kilas Sejarah Hari Ini
21 April 1879

Hari Lahir R.A. Kartini

Dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. Karena kegigihannya itulah hari lahirnya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.

Selengkapnya...
Hari Lahir R.A. Kartini ( 21 April 1879 )
1
"Hallo, Admin. Website IKPNI."
Powered by